Sabtu, 12 Maret 2011

Mari Kita Selamatkan Bumi Yang Sudah Tua

Apa itu Pemanasan Global?

Bumi sebagai ekosistem telah mengalami perubahan yang disebabkan sebagian besar oleh pengaruh globalisasi dan manusia. Pada saat ini, manusia lebih banyak menghasilkan karbon dioksida dibanding di masa 650.000 tahun lalu. Karbon ini berada di atmospir, bertindak seperti selimut yang hangat. Semakin banyak karbon, maka semakin tebal selimut yang mengakibatkan semakin panas suhu bumi. Hal inilah yang disebut 'pemanasan global' atau global warming.

Kita ada dan bisa hidup di planet bumi ini adalah karena bumi memiliki atmospir yang dapat menjaga panas/suhu di udara dalam kisaran yang normal dan seimbang - ini menciptakan kondisi yang memberikan kita udara untuk bernapas, air bersih, dan cuaca yang normal untuk kita bisa bertahan hidup.

Manusia (hanya beberapa, tidak semua) telah mulai menyadari ketidak-seimbangan alam dan telah pula memulai langkah-langkah untuk menyeimbangkan alam. Kita telah mulai merasa keberatan dengan udara panas, salju yang terlalu cepat mencair, badai topan yang tidak beraturan, gas karbon yang banyak dihasilkan dari mobil dan pabrik-pabrik serta pembangkit tenaga listrik.

Jika kita tidak mulai memperbaiki masalah ini mulai sekarang, kita akan menghadapi perubahan suhu dan cuaca dengan cepat/ekstrim, meningkatnya permukaan air laut, dan badai yang merusak.

alt
# Mari berkawan dengan alam
Bumi tempat kita berpijak dan hidup, sudah triliyunan tahun umurnya. Maka, dapat dibayangkan seberapa tuanya planet tempat tinggal kita ini. Banyak tanda-tanda tuanya bumi kita, yakni banyak terjadinya bencana alam yang melanda dalam negeri atau luar negeri. Seperti tanah longsor, banjir, kebakaran hutan, gunung meletus, gempa bumi dan tsunami. Dan salah satu hal yang menyebabkannya adalah akibat ulah tangan jahat manusia. Kita sebaiknya instrospeksi diri dengan perbuatan kita selama ini terhadap alam. Apakah kita selalu merawatnya atau merusaknya? Cobalah untuk menjadi kawan sang alam karena segala perbuatan kebaikan akan mendapat balasan kebaikan pula.
Sudah saatnya bumi yang kita cintai ini untuk dijaga karena sudah banyak terjadi keterbatasan sumber daya alam. BBM langka dan mahal, harga kebutuhan pokok melonjak tinggi karena kelangkaan dan langkanya minyak dan gas untuk memasak. Begitu banyak masalah yang dihadapi oleh negeri kita. Maka marilah kita bersama-sama menyelamatkan bumi.
 
# Lets save our earth from global warming
Bumi kita ini sedang mengalami pemanasan global (Global Warming) yang disebabkan oleh efek rumah kaca. Global warming disebabkan karena berkurangnya volume ozon bumi yang berfungsi melindungi bumi dari panas matahari. Gas CO2 yang lama kelamaan berkumpul di atmosfer bumilah penyebabnya. Akibatnya, lapisan ozon pun berlubang yang menimbulkan suhu amat tinggi dan bahayanya, gunung es abadi di kutub utara terancam mencair. Dapat dibayangkan volume air laut akan naik sehingga menenggelamkan daratan di sekitarnya. Habitat beruang kutub pun terancam punah karena hal ini. Sungguh mengerikan sekali dampak yang diakibatkannya.
Apakah kita akan diam saja menyikapi hal ini? Tentu saja tidak bukan? Sebelum terlambat, marilah kita bersama-sama Kampanye Penyelamatan Lingkungan (Go Green). Mulai dari hal yang kecil. Mulai dari kita sendiri.
alt
# Kampanye Penyelamatan Lingkungan (Go Green)
Ada banyak hal yang bisa kita lakukan untuk mengurangi dampak Global Warming, mulai dari hal kecil dan sederhana sebagai berikut:
alt
  1. Menanam pohon minimal 1 pot tiap rumah.
Menanam pohon selain menyejukkan dan mengurangi polusi udara, juga berfungsi untuk kesegaran mata. Batin kita akan tenang bila melihat tumbuhan hijau yang rindang dan subur. Tanaman yang ditanam juga banyak ragamnya bisa tanaman hias ataupun tanaman apotek hidup. Jangan lupa untuk selalu merawatnya setiap hari.
  1. Memangkas penggunaan listrik.
Matikan lampu atau alat elektronik yang sudah tidak digunakan lagi. Karena selain boros juga mengurangi dampak kekurangan pasokan listrik untuk masa depan.
alt
  1. Membuang sampah pada tempatnya dan meminimalisir penggunaan barang sekali pakai.
Buanglah sampah pada tempatnya sudah menjadi hal yang umum dan tak asing lagi. Namun jangan sepelekan hal ini karena masih banyak sampah yang tidak terkelola dengan baik. Oleh sebab itu, minimalkan volume sampah yang dibuang agar tidak membuat gunung sampah. Sampah juga bisa diolah kembali menjadi barang yang berguna (daur ulang). Diantaranya menjadi Pupuk Kompos.
Minimalkan penggunaan barang sekali pakai seperti sumpit sekali pakai, tissue, plastik dan botol minuman. Mengapa? Karena selain menambah jumlah volume sampah, ini juga mengakibatkan semakin banyak pohon yang ditebang untuk memproduksi sumpit sekali pakai, tissue, kertas, dan lain-lain. Daripada menggunakan barang sekali pakai, cobalah menggunakan barang yang bisa dipakai berulang kali seperti sumpit yang dapat dicuci, kain lap atau serbet dan tempat minum yang bisa dicuci.
alt
  1. Mengurangi polusi udara dengan cara berjalan kaki atau bersepeda.
Cobalah bepergian ke sekolah atau kantor dengan berjalan kaki atau bersepeda karena selain menyehatkan, juga mengurangi polusi udara atau menggunakan kendaraan umum, supaya mengurangi pemakaian kendaraan pribadi.
  1. Mengurangi penggunaan parfum atau spray.
Wangi itu boleh. Namun ingat batas pemakaiannya, tidak berlebihan. Gunakanlah sewajarnya saja. Karena selain mengganggu penciuman orang, gas-gas yang dikeluarkan akan melayang ke lapisan ozon yang mengakibatkan Global Warming.
Di atas sudah dijelaskan sedikit tips penyelamatan lingkungan dari pemanasan global. Sebenarnya masih banyak hal yang dapat dilakukan. Namun tergantung dari diri kita masing-masing.
alt
# The best nature for our future
Setelah kita cermati begitu buruk dampak dari global warming. Perubahan musim yang kacau balau, tingginya suhu bumi yang makin PANAS! Betapa menyedihkan sekali keadaan bumi kita ini. Sebagai umat manusia yang baik dan cinta pada lingkungan, apa salahnya jika kita mengurangi atau menghilangkan kebiasaan buruk yang dapat merusak bumi
Karena ada pepatah Sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit. Hal kecil yang kita lakukan apabila terus kita lakukan akan semakin besar pengaruhnya.
Untuk itu, marilah kita selamatkan bumi kita ini! Apakah kita ingin masa depan kita tidak dapat menikmati keindahan malam yang diterangi oleh lampu? Serta menggunakan alat elektronik untuk membantu kehidupan sehari-hari?
Masa depan ada ditangan kita sendiri. Kita yang berbuat, kita juga yang menuai hasilnya. Mari kita persembahkan bumi nan hijau dan sumber daya alam yang melimpah untuk masa depan yang cerah.

Jika kita mencintai diri kita,
Jika kita mencintai keluarga kita,
Jika kita mencintai bumi,
Mari selamatkan bumi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar